Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

36 Jurusan Kuliah IPA dan Prospek Kerjanya

Jurusan Kuliah IPA dan Prospek Kerjanya - Kamu saat ini sedang menjalani pendidikan di sekolah menengah atas ? atau biasa disebut dengan SMA, apakah kamu sedang menjalani pendidikan dijurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di SMA tersebut ? jika iya, maka ini adalah jawaban terbaik, artikel terbaik untuk kamu yang sedang mencari informasi seputar jurusan kuliah untuk siswa yang lulusannya IPA di SMA nya.

Sebelum membahas mengenai jurusan kuliah IPA atau jurusan kuliah untuk anak IPA, alangkah lebih baik kita pahami mengenai jurusan IPA itu sendiri.

Jurusan Kuliah  IPA

Apa Itu Jurusan IPA ?

Jurusan IPA adalah jurusan dimana kita memilih untuk fokus pada mata pelajaran Biologi, Fisika dan Kimia, dan Penjurusan IPA ini biasanya saat kita sudah memasuki sekolah menengah atas (SMA). Dulu saya waktu SMA penjurusan IPA dan IPS masih saat kelas XI (kelas 2), tetapi sekarang sudah mulai dari kelas X (kelas 1).

Perbedaan antara jurusan IPA dan jurusan IPS adalah terletak pada mata pelajaran yang diambil, jika jurusan IPA adalah pelajaran Biologi, Kimia dan Fisika. Kalau jurusan IPS adalah pelajaran Sejarah, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi.

Bukan masalah populer, lebih populer IPA dibanding IPS, bukan itu. Tetapi lebih kepada tujuan belajar dari siswa tersebut, kalau suka hitung-hitungan seperti fisika ya masuk ke IPA, tetapi kalau kurang suka perhitungan dan lebih suka ke hafalan dan keuangan ekonomi ya masuk ke IPS.

Jurusan IPA dan IPS bukan masalah bagus tidaknya jurusan tersebut, tetapi lebih ke pilihan dari siswa, karena akan menyangkut masa depan juga, sangat disayangkan jika sekolah 3 tahun tetapi bukan pilihan sendiri tetapi karena pilihan orang tua atau orang lain.

Selanjutnya kita bahas jurusan kuliah IPA untuk siswa lulusan jurusan IPA, ada banyak yang perlu diperhatikan, simak berikut ini saya akan bahas selengkap mungkin dan terus update jika memungkinkan adanya perubahan.

Daftar Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA

1. Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran ini adalah jurusan yang mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhan penyakit tersebut. jurusan kedokteran ini memiliki dua hal penting dalam keilmuannya, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mempelajari bagaimana cara mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera (patah tulang, retak, dan lainnya).

Sehingga mahasiswa yang mengambil jurusan kedokteran ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit dan juga pengobatan dari penyakit tersebut. Tidak hanya ahli dalam bidang teori kedokteran, tapi juga menguasai praktek langsung pada pasien yang pastinya akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menjadi ahli. 

Jurusan kedokteran ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran : Biologi.

Prospek kerja untuk jurusan kedokteran adalah : Dokter Anak, Dokter Kandungan dan Ginekologi, Dokter Pengobatan Nuklir atau Dokter Pengobatan Olahraga. 


2. Jurusan Ilmu Gizi 

Jurusan ilmu gizi ini adalah jurusan yang mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia. 

Jurusan Ilmu Gizi ini juga mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Dan jurusan ilmu gizi ini mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya (konsultan ahli gizi). 

Jurusan ilmu gizi ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia.

Prospek kerja untuk jurusan ilmu gizi adalah : Ahli Diet dan Nutrisi, Praktisi Keluarga dan Umum.


3. Jurusan Farmasi 

Jurusan Farmasi ini adalah jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan yang dikonsumsi oleh kita manusia. Mahasiswa yang mengambil jurusan farmasi ini mempelajari mengenai struktur senyawa obat dan bagaimana cara sintesisnya, kemudian mempelajari mengolah struktur senyawa obatnya menjadi obat yang layak dikonsumsi oleh manusia. 

Mahasiswa lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan konsumsi. 

Jurusan farmasi ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia.

Prospek kerja untuk jurusan farmasi adalah : Spesialis Kimia, Dokter Pengobatan Preventif dan Apoteker.

Baca info lengkapnya : Jurusan Farmasi dan Prospek Kerjanya.

4. Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) ini adalah jurusan yang mempelajari bahaya dan risiko yang ada di tempat kerja ataupun proyek, baik itu kesehatan hingga keselamatan kerja (terutama saat adanya kecelakaan kerja, seperti kebakaran, dll). 

Penanganan bahaya yang ada di tempat kerja dipelajari di bangku kuliah dengan berbagai metode yang diajarkan oleh dosen atau praktisii K3 langsung. Dan juga langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisasi kecelakaan kerja serta risiko lain yang dapat terjadi di lokasi proyek atau tempat kerja. 

Jurusan kesehatan dan keselamatan kerja ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi.

Prospek kerja jurusan kesehatan dan keselamatan kerja adalah : Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja  

5. Jurusan Teknologi Pangan 

Jurusan teknologi pangan ini adalah jurusan kuliah yang mempelajari tentang produksi makanan dan bagaimana memastikan makanan yang diproduksi oleh publik (seperti di rumah makan, pabrik, dipasar) tersebut aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi masyarakat (Memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah). 

Jurusan teknologi pangan ini juga mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan, yang dapat berefek kepada tubuh. Selain itu, jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan turut mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makanan memengaruhi ekonomi, psikologi, dan kultur kita, sehingga jurusan teknologi pangan akan sangat berpartisipasi terhadap kelangsungan hidup manusia karena  akan terus memastikan makanan yang diproduksi pabrik aman untuk dikonsumsi.

Jurusan teknologi pangan ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia.

Prospek kerja untuk jurusan teknologi pangan adalah : Quality Control, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan.

6. Jurusan Ilmu Astronomi

Jurusan Ilmu Astronomi adalah jurusan yang mempelajari benda-benda langit. Jurusan ilmu astronomi ini menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit. ilmu astronomi ini mempelajari pula struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi.

Jurusan ilmu astronomi ini dibagi menjadi tiga keahlian atau tiga tingkatan, yaitu :
- Tatasurya, 
- Kosmologi,
- Fisika Bintang dan Galaksi.

Jurusan astronomi ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika.

Prospek kerja untuk jurusan astronomi adalah : Astronom, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa dan Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa.

7. Jurusan Statistika 

Jurusan Statistika ini adalah jurusan kuliah yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi dari ilmu statistika itu sendiri adalah sebagai pondasi dalam pengambilan keputusan. Tanpa adanya analisis data akurat, akan sangat sulit untuk terjadinya pengambilan keputusan tepat.

Jurusan statistika ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika.

Prospek kerja untuk jurusan statistika adalah : Peneliti Survei, Ahli Statistik, dan Aktuaria.

8. Jurusan Bioteknologi

Jurusan Bioteknologi ini adalah bagian dari cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia. Penerapan ilmu bioteknologi kini sedang berkembang sangat pesat. 

Apa saja yang dipelajari di jurusan bioteknologi ?
- Teknik fermentasi, 
- Teknologi enzim, 
- Analisa mikroorganisme, 
- Analisa DNA, 
- Separasi dan pemurnian produk biologis, 
- Kultur jaringan tanaman, 
- Serta rekayasa genetika. 

Jurusan bioteknologi ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi.

Prospek kerja untuk jurusan bioteknologi adalah : Ahli Biomedis, Teknisi Pembangkit Biomassa, Peneliti Bioinformatika.

9. Jurusan Biokimia 

Jurusan Ilmu Biokimia ini adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup. Pembelajaran dalam ilmu Biokimia ini sangat luas. Tidak hanya mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia (bagian dalam tubuh), ilmu Biokimia juga mempelajari berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks, sehingga butuh keseriusan untuk belajar di jurusan biokimia ini. 

Jurusan biokimia ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia.

Prospek kerja untuk jurusan biokimia adalah : Peneliti Bioinformatika, Ahli Biologi Molekul dan Sel, Ahli Biokimia dan Biofisika.

10. Jurusan Teknik Lingkungan 

Jurusan teknik lingkungan adalah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi yang diciptakan. 

Apa saja ruang lingkup jurusan teknik lingkungan ini ? 
- Konservasi sumber daya air, 
- Pengelolaan kesehatan lingkungan, 
- Upaya pengendalian pencemaran, 
- Pengolahan limbah, 
- Plumbing atau perpipaan, 
- Sistem drainase, 
- Pengendalian dan pencemaran udara. 

Jurusan teknik lingkungan ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia.

Prospek kerja untuk jurusan teknik lingkungan adalah : Ahli Ekologi Industri, Ahli Lingkungan atau Konsultan Lingkungan.


11. Jurusan Budidaya Perairan (Akuakultur) 

Jurusan Budidaya perairan ini adalah jurusan kuliah yang mempelajari ilmu tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti udang, ikan, rumput laut, dan jenis lainnya. Dalam kegiatan budidaya organisme perairan tentunya aspek kualitas air (senyawa yang ada didalamnya) dan wadahnya pun juga sangat diperhatikan.

Mengapa jurusan budidaya perairan diindonesia ini sangat dibutuhkan ? jawabannya adalah karena 70 persen wilayah Indonesia merupakan perairan, dan ini peluang untuk mempelajari lebih jauh mengenai perairan indonesia dari sabang hingga merauke. 

Jurusan budidaya perairan ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Kimia.
 
Prospek kerja untuk jurusan budidaya perairan adalah : Pengajar Ilmu Agrikultural, Ahli Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan, Manajer Akuakultural atau Ahli Konservasi Tanah dan Air.

12. Jurusan Rekayasa Pertanian 

Jurusan Rekayasa pertanian ini adalah jurusan yang mengombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. Di jurusan ini rekayasa pertanian ini kamu akan mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan. 

Kenapa jurusan rekayasa pertanian ini sangat diperlukan dan cukup penting ? Karena agar mencapai swasembada kebutuhan pokok serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat lebih baik, tentunya tujuan akhir untuk mengurangi import beras dari luar negeri yang saat ini masih kita lakukan. 

Jurusan rekayasa pertanian ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Kimia, Biologi.

Prospek kerja untuk jurusan rekayasa pertanian adalah : Ahli Teknik Pertanian, Peneliti Tanah dan Tumbuhan atau Manager Pertanian dan Peternakan.

13. Jurusan Agroekoteknologi 

Jurusan Agroekoteknologi ini adalah gabungan beberapa program studi di fakultas pertanian, yaitu jurusan Agronomi, jurusan Ilmu Tanah, serta jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. 

Apa saja yang dipelajari di jurusan agroekoteknologi ? 
- Mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, 
- Menganalisis, dan 
- Memecahkan masalah melalui cara berpikir analitik, kreatif, dan eksploratif dalam bidang agronomi. 

Jurusan agroekoteknologi ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi.

Prospek kerja untuk jurusan agroekoteknologi adalah : Manager Pertanian dan Peternakan, Manajer Pembibitan dan Rumah Kaca atau Peneliti Tanah dan Tumbuhan.

14. Jurusan Kehutanan 

Jurusan Ilmu Kehutanan ini adalah jurusan yang mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, satwa, fisiologi tumbuhan, ilmu tanah, sampai terhadap pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri. Bahannya tidak terbatas bagaimana menghasilkan dan memperoleh hasil hutan saja, Ilmu Kehutanan juga menitikberakan pada pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan. 

Jurusan kehutanan ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi, Fisika. 

Prospek kerja untuk jurusan kehutanan adalah : Spesialis Konservasi Alam, Konsultan Lingkungan, Ahli Konservasi Hutan, atau Pengawas Hutan. 

15. Jurusan Arsitektur 

Jurusan  arsitektur ini adalah jurusan yang mempelajari soal desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. 

Apa saja yang dipelajari di jurusan arsitektur ?
- Mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), 
- Estetika atau keindahan bangunan (venustas), 
- Serta fungsi bangunan (utilitas). 

Jurusan arsitektur ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Seni Budaya.

Prospek kerja untuk jurusan arsitektur adalah : Arsitek, Manajer Konstruksi, Desainer Interior.

16. Jurusan Oseanografi 

Jurusan Oseanografi ini adalah jurusan yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. 

Perilaku laut memang susah untuk diprediksi, seperti gelombang yang tinggi, tenggelamnya pulau-pulau kecil karena kenaikan permukaan laut, badai, tsunami, dan lain sebagainya. 

Jurusan oseanografi ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika, Matematika.

Prospek kerja untuk jurusan oseanografi adalah : Teknik Kelautan, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan dan Offshore Navigator.

17. Jurusan Teknik Industri 

Jurusan Teknik Industri ini adalah jurusan yang mempelajari proses industri, baik dari sisi manajemen maupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin. Tetapi mahasiswa juga harus mempelajari disiplin ilmu lain, seperti Matematika, Fisika, Fisiologi, bahkan Manajemen. 

Apa saja yang dipelajari di jurusan teknik industri ?
- Perancangan, 
- Peningkatan, 
- Pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan, dan energi. 

Jurusan teknik industri ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika.

Prospek kerja untuk jurusan teknik industri : Sales Engineer, Ahli Teknik Industri, Ahli Teknik Manufaktur, Teknisi Produksi Manufaktur.

18. Jurusan Teknik Pertambangan 

Jurusan teknik pertambangan ini adalah salah satu cabang dari ilmu teknik berfokus pada ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral, seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara, dan sebagainya. 

Apa saja yang dipelajari di jurusan teknik pertambangan ?
- Kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), 
- Eksplorasi penambangan, 
- Pengolahan bahan tambang (eksploitasi), 
- Pengangkutan, 
- Pemasaran hasil tambang. 

Jurusan teknik pertambangan ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika, Kimia.

Prospek kerja untuk jurusan teknik pertambangan : Ahli Tambang dan Geologi, Ahli Pengeboran Bumi (Non Minyak dan Gas), Ahli Teknik Energi, Teknisi Geologi dan Perminyakan.

19. Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) 

Jurusan teknik perencanaan wilayah dan kota atau biasa disebut juga dengan planologi ini adalah jurusan yang mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah. Berbeda dengan jurusan Arsitektur Lanskap yang lebih mengutamakan sisi keindahan dan estetika lokasi, Teknik perencanaan wilayah dan kota lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik. Selain itu, Perencanaan Wilayah Kota tidak merancang suatu bangunan, tapi merancang seluruh wilayah secara keseluruhan. 

Jurusan teknik perencanaan wilayah dan kota ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Geografi. 

Prospek kerja untuk jurusan teknik perencanaan wilayah dan kota adalah : Perencanaan Kota dan Wilayah, Surveyor Bangunan, Ajudan Perencanaan Kota dan Wilayah.

20. Jurusan Teknik Elektro 

Jurusan Teknik elektro ini adalah jurusan yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. 

Apa saja yang dipelajari dijurusan teknik elektro ?
- Aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, 
- Serta teknologi yang terkait. 
- Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatan pengguna akhir. 

Jurusan Teknik Elektro pun juga dibagi menjadi beberapa konsentrasi (pembelajaran lebih rinci), seperti : 
- Elektronika, 
- Listrik, 
- Instrumentasi, 
- Teknik Komputer dan Telekomunikasi. 

Jurusan teknik elektro ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Fisika.

Prospek kerja untuk jurusan teknik elektro adalah : Ahli Robotik, Ahli Teknik Mekatronik, Ahli Teknik Elektronik, Spesialis Teknik Telekomunikasi.

21. Jurusan Teknik Penerbangan (Aeronautika dan Astronautika)

Jurusan teknik penerbangan ini adalah jurusan yang mempelajari tentang pengetahuan terkait kedirgantaraan mencakup perancangan, pembuatan, serta pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Teknik Penerbangan mempelajari soal teknik pesawat. 

Jurusan teknik penerbangan aeronautika berkaitan dengan segala aspek penerbangan di dalam atmosfer bumi, seperti pesawat komersial, helikopter, pesawat militer. Sedangkan teknik penerbangan astronautika berkaitan dengan aspek penerbangan di luar atmosfer bumi, seperti roket dan satelit. 

Jurusan teknik penerbangan ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Fisika.

Prospek kerja untuk jurusan teknik penerbangan adalah : Ahli Aerospace dan Teknisi Operasi Aerospace, Mekanik dan Teknisi Servis Pesawat, atau Teknisi Penerbangan.

22. Jurusan Teknik Informatika.

Jurusan teknik informatika ini adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan komputer, dan implementasinya, terutama di bidang bisnis dan usaha. Tak hanya teori, Teknik Informatika juga mewajibkan para mahasiswa mempraktikkan apa yang telah dipelajari karena kualitas dari mahasiswa teknik informatika itu bukan nilai kuliah saja, tetapi output dari hasil yang dikerjakan ada hasilnya (hasil praktek membuat program, memperbaiki hardware dan jaringan, dan lainnya). 

Jurusan teknik informatika ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika.

Prospek kerja untuk jurusan teknik informatika adalah : Programmer Komputer, Analis Riset Operasional, Web Developer atau Developer Software, Aplikasi. 

23. Jurusan Cyber Security 

Jurusan cyber security ini adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri serta pemerintah dari serangan yang ada pada dunia maya (cyber attack). Jurusan cyber security ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya. 

Jurusan Cyber Security memiliki dasar yang kuat pada komputer sains dan kemampuan berpikir kritis (logic) mengenai teknologi dunia maya masa kini. 

Jurusan ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK (Teknologi informasi dan komunikasi), Matematika.

Prospek kerja untuk jurusan cyber security adalah : Cyber Police atau Spesialis Forensik Komputer.

24. Jurusan Ekonomi dan Ekonomi Pembangunan 

Jurusan Ekonomi Pembangunan ini adalah jurusan yang menjadi satu dengan ilmu ekonomi. Ekonomi pembangunan memang salah satu bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. 

Fakta bahwa kebanyakan calon mahasiswa yang memilih jurusan ilmu ekonomi adalah mahasiswa yang berusaha sekuat tenaga untuk menghindari mata kuliah atau pembahasan seputar matematika. Padahal mereka kurang memahami bahwa elmu ekonomi justru menggunakan ilmu matematika tingkat tinggi dan penuh ketelitian karena berkaitan dengan uang.

Jurusan ekonomi atau ekonomi pembangunan ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi.

Prospek kerja untuk jurusan ekonomi atau ekonomi pembangunan adalah : Ekonom, Konselor Peminjaman, atau Analis Keuangan.

25. Jurusan Intelijen 

Jurusan Intelijen ini adalah jurusan yang dirancang khusus untuk kamu yang ingin berkarier sebagai seorang intelijen, baik di pemerintahan maupun swasta. Kamu akan dibekali cara-cara inovatif untuk membentuk pola pikir yang terstruktur untuk memecahkan masalah dunia nyata yang kompleks. 

Jurusan intelijen ini menitikberatkan pada perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis, dengan penekanan pada penggunaan penelitian akademik sebagai metode analisis. 

Jurusan pendidikan intelijen ini akan lebih cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Biologi.

Prospek kerja untuk jurusan pendidikan intelijen adalah : Analis Intelijen, Detektif dan Investigator Swasta.

26. Jurusan Matematika

27. Jurusan Teknik Sipil

28. Jurusan Teknik Perminyakan

29. Jurusan Teknik Mesin

30. Jurusan Agribisnis

31. Jurusan Desain Grafis (DKV)

32. Jurusan Teknik Nuklik

33. Jurusan Desain Interior

34. Jurusan Teknik Biomedis

35. Jurusan Mikrobiologi

36. Jurusan Teknik Geologi


Untuk informasi penjelasan detail setiap jurusan akan saya buat artikel sendiri setiap jurusan kuliah diatas, tunggu update selanjutnya, 

Jurusan Kuliah Anak IPA yang Jarang diminati

Dari sekian banyak jurusan kuliah yang sesuai dengan lulusan IPA, ada juga beberapa jurusan yang sangat jarang diminati oleh anak IPA, dan biasanya saat pendaftaran mahasiswa baru jurusan ini termasuk sepi oleh peminat sehingga sangat besar peluang untuk masuk di jurusan ini.

1. Mikrobiologi
2. Teknik Nuklir
3. Oseanografi

Mungkin ada lebih banyak jurusan kuliah yang sepi peminat terutama untuk siswa lulusan jurusan IPA.

Jurusan Kuliah Anak IPA yang Tidak Banyak Menghitung

Ketika kita mendengar kata IPA, maka itu akan identik dengan menghitung, identik dengan matematika, aljabar, algoritma, tetapi jika kamu ingin kuliah di jurusan yang tidak telalu banyak mata kuliah menghitung, ya ambil aja jurusan yang berkaitan tentang biologi, walau pasti ada aja mata kuliah matematika, tetapi konsentrasi nya akan lebih ke mata kuliah biologi, lebih tepatnya lebih banyak hafalan dari pada menghitung.

Yang perlu diperhatikan bukan hanya jurusannya saja, tetapi juga bagian mata kuliah juga perlu diperhatikan.


Penutup

Demikian apa yang bisa saya bagikan mengenai apa saja jurusan kuliah untuk anak IPA atau untuk lulusan IPA saat SMA, sebenarnya daftar diatas tidak dapat dijadikan patokan harus kuliah seperti jurusan diatas, enggak. 

Kuliah kamu itu tujuan kamu, kamu bisa memilih jurusan apapun yang kamu mau, dan tempat kuliah manapun yang kamu inginkan.

Referensi : Jurusan Kuliah IPA

Tetapi jika ingin benar-benar melanjutkan di jurusan kuliah IPA karena udah terlanjur cinta dan suka dengan IPA ya tulisan diatas bisa dijadikan referensi rujukan untuk kamu melanjutkan perjuangan jurusan IPA.

Semoga kamu bisa menentukan hasil yang terbaik kemana kamu akan kuliah, sukses selalu dan silahkan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.

4 comments for "36 Jurusan Kuliah IPA dan Prospek Kerjanya"

  1. Wah jurusan saya nomor 27, haha.

    Menurut saya jurusan ipa maupun ips sudah tidak relevan lagi. Karena ya kita bisa jadi belajar dari keduanya. Contohnya profesi sebagai ui/ux engineer biasanya berasal dari dkv (yg basis ips) atau kadang dari teknik informatika/sistem informasi. Jadi mereka harus punya basic bagus di seni dan kadang harus bisa coding.

    Jadi pesan saya untuk teman teman yang masih mencari jurusan yang paling cocok dengan dirinya. Cari terus, diskusi terus, temukan hal hal yang ketika kamu lelah, kamu akan tetap mau untuk belajar hal tsb :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mas, banyak jurusan kuliah sekarang yang harus mempunyai basic dipelajaran ips dan ipa, seperti jurusan saya : sistem informasi, walaupun ada mata kuliah matematika, coding & logic, tetapi ada juga mata kuliah akuntansi, yang mana itu basicnya anak IPS.

      Yang pasti ketika memilih jurusan harus dipastikan dengan baik apakah jurusan tersebut sesuai dengan minat kita atau tidak, 4 tahun akan sangat berharga jika dimaksimalkan dibangku kuliah.

      Delete
  2. Sangat menarik kak jurusan lulusan IPA, tapi saya walau lulusan IPA pengen masuk di manajemen aja, pengen lebih nyantai dari pada bergulat sama matematika & hitung-hitungan mulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, manajemen pun juga ada tantangannya sendiri di mata kuliahnya, jadi setiap jurusan pasti ada kesulitan masing-masing, tergantung dari kita menyikapinya

      Delete