Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pendidikan STEAM: Wujud Baru Dunia Pendidikan Dunia

Pendidikan STEAM: Wujud Baru Dunia Pendidikan DuniaBaru-baru ini kita disuguhkan sebuah model pembelajaran baru yang bernama STEAM atau STEAM education, dimana ebelumnya dunia hanya mengenal STEM. Penambahan huruf ‘A’ pada STEAM bukanlah sebuah kesengajaan melainkan sebuah poin penting baru yang menjadi cita-cita wujud pendidikan yakni arts atau umumnya orang Indonesia mengenal dengan istilah seni ataupun kesenian.


 Pendidikan STEAM membawa fondasi pembelajaran STEM ke tingkat selanjutnya. Pendidik STEAM dapat membantu orang mengintegrasikan prinsip-prinsip STEM dengan seni untuk pemahaman yang lebih holistik tentang dunia kita.

Apa itu STEAM?

Jika Anda terbiasa dengan pendidikan STEM, maka Anda sudah tahu sedikit tentang pendidikan STEAM. STEAM adalah singkatan dari Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika yang merupakan kombinasi yang kuat antara topik dan teknik untuk mendidik masyarakat kita.

Membahas istilah seni, bukanlah hanya sebuat nilai estetika melainkan hal-hal fundamental lainnya yang melampaui estetika. 'A' termasuk seni secara bebas yang berarti seni bahasa, studi sosial, seni fisik, seni rupa, dan musik.

Gerakan STEAM berasal dari Rhode Island School of Design (RISD) dan sejak itu telah diadopsi secara luas di antara banyak lembaga dan organisasi. Tujuan dari gerakan STEAM diciptakan untuk melakukan hal seperti:

· Mengubah kebijakan penelitian untuk menempatkan seni dan desain di pusat STEM

· Mendorong integrasi seni dan desain dalam pendidikan

· Mempengaruhi pengusaha untuk merekrut seniman untuk mendorong inovasi

Tujuan-tujuan ini dapat dengan mudah diterapkan di kelas oleh pendidik STEAM.

Perbedaan STEM dan STEAM

STEM adalah blok bangunan untuk STEAM. Pendidikan STEAM memfokuskan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika melalui seni dan desain. Cara lain untuk melihat ini adalah bahwa pendidik STEAM dapat membantu siswa menghubungkan apa yang mereka pelajari di bidang kritis (STEM) dengan praktik seni dan elemen desain. Pada akhirnya, siswa harus merasa seperti mereka dapat bertanya-tanya, mengkritik, bertanya, dan berinovasi.

Pentingkah Pembelajaran STEAM?

STEAM telah menerima beberapa pushback di dunia akademik dan karir. Bagaimanapun STEAM bertujuan untuk memperkuat fondasi STEM dengan membantu siswa meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka dan mengenali persimpangan seni, ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika.

Hal tersebut memberikan siswa alat dan metode untuk mengeksplorasi cara-cara baru dan kreatif pemecahan masalah, menampilkan data, berinovasi, dan menghubungkan berbagai bidang. Subjek seni dan STEM secara alami saling melengkapi dan menginformasikan satu sama lain, sehingga penerapan prinsip-prinsip STEAM ke dalam pendidikan memungkinkan untuk lebih banyak pemahaman, inovasi, dan pendidikan yang kohesif di kelas.

Post a Comment for "Pendidikan STEAM: Wujud Baru Dunia Pendidikan Dunia"